Minggu, 13 September 2015

Tutorial Cara Install MySQL Dan Cara Konfigurasi MySQL

Kebetulan tadi teman saya menanyakan tentang MySQL dari Cara Install MySQL hingga pada tahap Cara Konfigurasi MySQL, nah untuk mempermudah, saya buatkan tutorial cara install MySQL beserta cara konfigurasi pada saat tahap penginstallannya. Mungkin disini ada pembaca juga yang kebingunan menginstall MySQL di Laptop/PC-nya, simak baik-baik tutorial berikut ini:

1. Download MySQL

Disini saya menggunakan MySQL Community Server 5.6.26, kenapa? karena MySQL Community Server adalah versi gratis dari MySQL selain itu cocok juga untuk pembelajaran dasar-dasar dari SQL. Adapun MySQL Enterprise Server adalah versi berbayar dari MySQL yang biasanya digunakan oleh perusahaan sebagai keperluan lebih dalam. Anda bisa langsung mengunjungi situs resminya untuk mendownload MySQL Community Server disini: http://dev.mysql.com/downloads/mysql/ setelah halaman situs MySQL terbuka coba lihat kebawah. disini kita di suguhkan beberapa paket MySQL, ada MySQL Installer dan juga MySQL yang di bungkus oleh ZIP. Pilihlah MySQL Installer untuk Sistem Operasi Windows.


Lalu kita akan dibawa ke halaman berikutnya, disini kita bisa memilih MySQL Installer dengan file berukuran kecil atau MySQL Installer dengan ukuran besar. Perlu di ketahui file MySQL Installer yang berukuran kecil adalah versi online installer (memperlukan koneksi internet pada tahap installasi) sedangkan file yang ukuran besar dari MySQL Installer adalah versi offline installer atau standalone (tidak memerlukan koneksi internet pada tahap installasi). Saya sendiri memelih versi offline installer.


Setelah kita mengklik Download maka kita akan di bawa ke halaman Begin Your Download, coba perhatikan di bawah form Login dan Sign Up ada tulisan "No thanks, just start my download" klik-lah tulisan tersebut untuk melanjutkan mendownload MySQL Community Server.


Tunggu proses download hingga selesai, dan pastikan koneksi internet Anda stabil agar proses download tidak terganggu dan file yang di download pun tidak korup.

2. Installasi MySQL

Setelah proses download selesai, kita akan lanjutkan pada tahap Installasi MySQL atau Cara Install MySQL beserta tahap-tahap konfigurasinya. Pertama buka program Installer MySQL Community Server yang tadi di download dengan meng-klik dua kali (double klik) atau bisa juga klik kanan lalu pilih open, jika ada notifikasi muncul pilih saja yes - yes.


Tampilan pertama Installasi MySQL seperti gambar di atas. Pada tahap License Agreement ceklis pada kolom "I accept the terms in the License Agreement" lalu klik Next.



Dan gambar ke dua adalah Choosing a Setup Type atau bila saya terjemahkan pada bahasa Indonesia bebas adalah pemilihan tipe installasi, dimana kita bisa lihat pada gambar ada beberapa pilihan tipe, dari mulai Developer Default, Server only, Client only, Full, hingga Costum. Karena saya hanya memerlukan MySQL Server dan tidak memeperlukan yang lain makan saya pilih Costum lalu klik Next.



Setelah tahap Choosing a Setup Type maka kita akan di bawa pada tahap selanjutnya yaitu Select Products and Features. Klik simbol [+] pada MySQL Server hingga muncul pilihan MySQL Server 5.6.26 - X64 dan MySQL Server 5.6.26 - X86, pilihlah salah satu dari versi MySQL Server tersebut sesuai arsitektur Windows yang kalian gunakan. Perbedaan MySQL Server 5.6.26 - X64 dengan MySQL Server 5.6.26 - X86 adalah MySQL Server 5.6.26 - X64 untuk versi Windows 64 Bit sedangkan MySQL Server 5.6.26 - X86 untuk versi Windows 32 Bit. Jika sudah klik icon panah yang berwarna hijau seperti di gambar atas untuk di install lalu klik Next. Perlu di ingat, karena saya pada tutorial menggunakan Sistem Operasi Windows 64 Bit maka saya memilih MySQL Server 5.6.26 - X64.



Pada tahap Installation klik saja Execute untuk mengeksekusi installasi. Jika berhasil maka pada Status terdapat keterangan Complete dan terdapat pula ceklis berwarna hijau seperti gambar di atas, lalu klik lagi Next.


Maka kita akan di suguhkan pada tahap Product Configuration, klik saja Next pada tahap ini.


Tahap Type and Networking, pada tahap ini saya membiarkan settingan secara default dimana pada Config Type: memilih Development Machine dan Connectivity sesuai aslinya, lalu klik kembali Next.


Tahap Accounts and Roles, di tahap ini kita di wajibkan mengisi password untuk akun root atau biasa di sebut superuser. Isikan password yang mudah di ingat, password harus lebih dari 4 huruf. Di tahap ini juga kita bisa menambahkan Pengguna Lain tetapi karena saya untuk keperluan belajar maka ada baiknya nanti saja untuk menambahkan akun lainnya, klik Next jika sudah mengisikan password.



Setelah tahap Accounts and Roles selesai maka kita akan di bawa pada tahap selanjutnya yaitu pada tahap Windows Service dimana tahap ini adalah tahap konfigurasi MySQL terakhir. Pada tahap ini kita memilih konfigurasi sesuai keinginan. Configure MySQL Service as a Windows Sevices dimana kita bisa menambahkan MySQL Services ke Windows Service dimana dengan demikian MySQL akan secara otomatis berjalan pada saat Laptop/PC di nyalakan. Karena saya tidak ingin menambahkan MySQL Services ke Windows Services maka saya menghilankan ceklis pada Configure MySQL Service as a Windows Sevices dengan begitu MySQL bisa di jalankan secara manual.


Tak terasa kita berada di tahap Appy Server Cinfiguration, untuk tahap ini klik saja Execute.



Maka hasilnya bisa di lihat pada gambar di atas, tunggu proses selesai. Jika sudah klik Finish dan selamat Anda telah berhasil menginstall MySQL Server serta mengkonfigurasinya jika belum berhasil ada baiknya bertanya di kolom komentar apa saja yang membuat Anda bingun Insyaallah saya akan membantu Anda menyelesaikan Cara Install MySQL Dan Cara Konfigurasi MySQL ini.
Share:

Iqbar Alhakim

Web Developer

"Saya penggemar musik, kopi, dan teknologi. Kesaharian saya membosankan."

"Memilih ketenangan dengan berbagi."

Job Description

HTML, CSS, PHP, Web Design, Linux, dan lainnya.

2.000

Followers

259

Following

27

Projects