Menginstall Tema Adobe Photoshop Pada GIMP

Tampilan antarmuka GIMP
Tampilan antarmuka GIMP versi 2.8.10

Sekilas tentang GIMP, GNU Image Manipulation Program atau yang lebih dikenal dengan sebutan GIMP adalah perangkat lunak untuk manipulasi grafik berbasis raster.

GIMP berjalan pada desktop GNOME dan dirilis dengan Lisensi Publik Umum GNU. GIMP pada awalnya dikembangkan untuk desktop X11 yang berjalan di platform Unix. Namun, saat ini peranti lunak ini sudah diporting ke beberapa platform sistem operasi yang lain seperti Windows dan Mac OS.

Grafik yang dihasilkan oleh GIMP disimpan dengan format XCF dan bisa diekspor ke berbagai format gambar seperti bmp, jpg, gif, pdf, png, svg, tiff, dan masih banyak lagi yang lainnya.

GIMP menyediakan banyak sekali plugin yang memudahkan dalam mengolah gambar (image) dengan cepat.

Pengembang dan pengelola GIMP memiliki visi produk GIMP untuk berusaha menjadi perangkat lunak grafis kelas atas dalam menyunting dan menciptakan gambar asli, foto, ikon, elemen grafis halaman web, dan seni untuk elemen antarmuka pengguna.

Pada tutorial ini, saya menggunakan GIMP dengan versi 2.8.10.

Pertama-tama unduh tema Photoshop-nya di sini https://doctormo.deviantart.com/art/Gimp-2-8-Photoshop-Tweaks-432736644

Setelah mengunduh tema cadangkan terlebih dahulu folder GIMP lalu ubah nama direktori (folder) .gimp-2.8 yang berada di /home/(nama pengguna)/ (contoh: /home/iqbar/) dengan nama baru .gimp-2.8.old atau terserah kalian. Karena direktori .gimp-2.8 tersembunyi maka kalian bisa menekan Ctrl+H untuk melihat direktori .gimp-2.8.

Jika sudah diubah namanya maka ekstrak file .zip yang tadi telah diunduh, maka akan terdapat direktori serupa seperti direktori yang tadi kalian telah ubah. (tekan CTRL+H jika folder tidak terlihat).

Pindahkan direktori .gimp-2.8 yang baru ke tempat /home/(nama pengguna)/ di mana sebelumnya terdapat folder .gimp-2.8.old, dengan begitu tampilan GIMP sekarang telah terpasang dengan tema Adobe Photoshop.

Jika kalian memerlukan updatean dari tema, kalian bisa mengunjungi Github Doctormo di sini: https://github.com/doctormo/GimpPs