Cara memasang ImageMagick di XAMPP

Gambar Imagick, logo ImageMagick diambil dari berkas Wikimedia Commons ImageMagick

Imagick atau ImageMagick adalah ekstensi PHP untuk membuat dan memodifikasi gambar menggunaka API ImageMagick, beberapa sistem manajemen konten seperti Wordpress, Joomla, Drupal, dan lainnya membutuhkan atau merekomendasikan ekstensi tersebut terpasang di PHP.

Sebagai catatan, saya menggunakan XAMPP versi 7.4.7, PHP versi 7.4.7 yang berjalan di sistem operasi Windows 10. Jika Anda menggunakan XAMPP versi lama atau terbaru Anda bisa menyesuaikannya dengan mengunduh berkas-berkas yang sesuai dengan versi XAMPP milik Anda, lebih kurang cara pemasangannya sama hanya saja versi berkas yang dibutuhkan akan berbeda.


Pertama, unduh berkas ImageMagick untuk Windows https://imagemagick.org/script/download.php#windows pilih versi ImageMagick-7.0.10-23-Q16-HDRI-x64-dll.exe.


Lakukan pemasang ImageMagick, pasang ImageMagick secara biasa dan pada Select Additional Tasks biarkan opsi seperti bawaan, lalu Next.


Jika ImageMagick sudah berhasil terpasang periksa versi dari ImageMagick dengan menuliskan perintah magick -version di Command Prompt jika ImageMagick sudah terpasang dengan benar maka akan muncul deskripsi mengenai versi ImageMagick.


Selanjutnya unduh berkas biner Imagick untuk PHP 7.4 di sini https://pecl.php.net/package/imagick/3.4.4/windows dan pilih berkas 7.4 Thread Safe (TS) x64, jika sudah terunduh lalu ekstrak berkas php_imagick-3.4.4-7.4-ts-vc15-x64.zip tersebut.


Salin atau pindahkan berkas php_imagick.dll dari folder php_imagick-3.4.4-7.4-ts-vc15-x64 ke folder ekstensi PHP yang berada di C:\xampp\php\ext
Catatan: sesuaikan dengan tempat di mana folder XAMPP yang terpasang, pada tutorial XAMPP yang terpasang berada di diska C


Tambahkan php_imagick.dll pada php.ini yang berlokasi di C:\xampp\php dengan menuliskan perintah berikut:


extension=imagick

Dengan begitu ekstensi imagick sudah berhasil terpasang di PHP, namun masih belum bisa berjalan. Agar bisa berjalan Anda perlu memindahkan lagi beberapa berkas dari folder php_imagick-3.4.4-7.4-ts-vc15-x64. Cekibrot!


Buka kembali folder php_imagick-3.4.4-7.4-ts-vc15-x64 lalu salin atau pindahkan semua berkas CORE_RL_***_.dll, IM_MOD_RL_***_.dll, FILTER_analyze_.dll, dan ImageMagickObject.dll dari folder tersebut ke folder bin Apache yang berada di C:\xampp\apache\bin


Sekarang coba hidupkan ulang Apache melalui XAMPP Control Panel lalu buka phpinfo dengan mengunjungi alamat berikut http://127.0.0.1/dashboard/phpinfo.php lalu cari Imagick, jika pemasangan Imagick sudah benar maka akan ada keterangan mengenai modul Imagick yang terpasang di PHP. Selain dengan membuka phpinfo Anda juga bisa melihat beberapa ekstensi yang terpasang di PHP dengan mengetikan perintah php -m pada Command Prompt.

Saya kira cukup sekian pembahasan mengenai Cara memasang Imagick di XAMPP, semoga bermanfaat. Hatur nuhun. :*