Trik unduh berkas ISO Windows 10 resmi melalui tautan unduhan langsung

Ikon Windows Hello oleh Microsoft

Mengapa dikatakan Windows 10 resmi? karena dengan cara ini berkas Windows 10 yang diunduh adalah berkas asli dari Microsoft dan tidak melalui pihak ketiga atau berkas yang sudah di-crack, jadi berkas Windows 10 ini belum diaktivasi sebelumnya, Anda bisa mengaktivasinya dengan lisensi yang Anda miliki nantinya.

Sebagai informasi, saya menggunakan alat peramban Google Chrome versi 83.0.xxxx dan sistem operasi Windows 10. Bagi Anda yang menggunakan alat peramban Firefox, Anda bisa melihat cara mengganti User agent pada Firefox di sini https://www.whatismybrowser.com/guides/how-to-change-your-user-agent/firefox atau Anda juga bisa mengganti User agent dengan bantuan Add-ons.

Trik yang saya gunakan yaitu memanipulasi informasi yang disampaikan dari alat peramban ke situs web yang dituju dengan cara mengubah informasi yang diterima oleh situs web melalui User agent. Tidak perlu memasang ekstensi untuk bisa menggunakan fitur User agent ini, pada beberapa alat peramban populer seperti Chrome, Firefox, dan Opera sudah tersedia.

Penelusuran Google mencari Windows 10
Laman Microsoft untuk unduhan Windows 10
Mari langsung saja, pertama-tama; Cari Windows 10 di mesin pencari Google https://www.google.com/search?q=windows+10 pilih tautan paling atas dengan judul Download Windows 10 Disc Image (ISO File) atau langsung saja kunjungi laman unduhan Windows 10 di sini https://www.microsoft.com/en-us/software-download/windows10

Mengaktifkan fitur user agent di Google Chrome

Jika sudah memasuki laman unduhan Windows 10 buka perkakas DevTools dengan menekan pintasan Ctrl+Shift+I pada papan tombol lalu klik ikon titik tiga di sebelah kanan layar menu papan bilah, pilih More tools dan lalu pilih Network conditions.

Proses mengganti user agent di DevTools Google Chrome

Pada laman menu Network conditions pilih User agent dan hilangkan ceklis pada Select automatically lalu pilih User agent dari Safari - Mac.

Laman tampilan user agent Safari - Mac

Setelah User agent Safari - Mac terpilih buka kembali laman unduhan Windows 10 lalu segarkan atau muat ulang, tada... Sekarang pilihan untuk mengunduh Windows 10 sudah tersedia.

Langkah selanjutnya adalah memilih edisi sistem operasi Windows 10, bahasa, hingga pemilihan dukungan untuk tipe arsitektur Windows 10 yang akan kalia gunakan. Sesuaikan dengan kebutuhan Anda, ya!

Memilih edisi Windows 10

Memilih edisi Windows 10

Karena pada saat saya melakukan tutoral ini hanya terdapat satu pilihan edisi Windows 10, yaitu Windows 10 May 2020 Update atau dikenal dengan kode nama Windows 10 2004, saya hanya memilih edisi tersebut.

Memilih bahasa untuk Windows 10

Memilih bahasa Windows 10

Pada tahap pemilihan bahasa sepertinya Microsoft hanya menyediakan beberapa bahasa utama yang populer dan tidak ada pilihan untuk bahasa Indonesia, maka dari itu saya pilih bahasa Inggris. Anda bisa memilih bahasa Inggris (UK) atau bahasa Inggris Internasional, terserah!
Catatan: Anda masih bisa mengganti bahasa menjadi bahasa Indonesia saat proses pemasangan Windows 10 atau ketika proses pemasangan Windows 10 telah selesai.

Memilih dukungan arsitektur untuk Windows 10
Proses mengunduh Windows 10 2004

Memilih dukungan arsitektur

Anda bisa memilih dukungan arsitektur komputer 32-bit atau 64-bit, sesuaikan dengan spesifikasi komputer yang Anda gunakan. Pada tutorial saya memilih arsitektur 64-bit.